Kamis, 25 Maret 2021

Pengertian HTML, CSS dan PHP


Program Komputer adalah salah satu mata kuliah di IAIN Pekalongan. Mata Kuliah ini merupakan Mata kuliah ketrampilan khusus yang menggunakan tools komputer untuk menciptakan aplikasi. Hasil dari matakuliah program komputer adalah algoritma untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari umumnya seperti pendataan, statistik serta intellegent system dan masalah di bidang Matematika pada khususnya. Pemrograman Komputer menggunakan bahasa pemrograman berbasis web yang terdiri dari HTML, CSS dan PHP. pemrograman komputer juga menggunakan database yaitu database mySql.

diantara Materi perkuliahan yang terdapat pada Mata Kuliah ini ialah :

- Pengertian HTML

- Pengertian CSS

- Pengertian PHP

Mari kita bahas semua materi tentang pemrograman kompter tersebut, silahkan anda menulis pendapat anda pada kolom komentar di bawah . Terima Kasih. 

92 komentar:

  1. Nama : Nanda Meilia Andini
    NIM : 2619102
    Kelas : Program Komputer 2 C


    HTML adalah bahasa script standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi baik berupa teks maupun gambar ke dalam halaman website tersebut. HTML juga sering tersedia pada template2 blog online, kita bisa mengubah beberapa variabel di dalamnya agar dapat mengubah tampilan blog sesuai dengan keinginan kita.

    Izin bertanya pak, mengapa HTML5 dapat diconvert kedalam bentuk aplikasi tetapi mengapa HTML tidak bisa? Padahal keduanya sama2 HTML. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya kurang jelas ya? yang dimaksud aplikasi apa??
      aplikasi komputer itu banyak, bahkan HTML sendiri juga bagian dari aplikasi untuk membuat halaman web.
      ok tapi gpp, mungkin maksudny aplikasi untuk Android.

      HTML5 merupakan pengembangan fdari HTML versi sebelumnya. sama HTMLnya. mungkin ada beberapa tag yang hanya ada dan support di HTML 5.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Iya maksudnya HTML5 pak, terimakasih atas penjelasannya 🙏

      Hapus
  2. Nama : Muhammad ILmanudin
    NIM : 2619096
    Kelas : Program Komputer 2 C
    CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia secara harfiah, CSS berarti “lembar penataan menurun”.

    Namun secara konteks, Cascading Style Sheets adalah kumpulan perintah yang digunakan untuk menjelaskan tampilan sebuah halaman situs web dalam mark-up language. Mark-up language atau bahasa markah adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan membuat website.

    BalasHapus
  3. Nama : Dias Kurniasih Fajri
    Nim : 2619048
    Kelas : B


    Pengertian html (HyperText Markup Language) merupakan bahasa pemrograman basic untuk membuat sebuah halaman web, dan selanjutnya bisa diakses untuk menampilkan bermacam informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).
    Fungsi html salah satunya untuk membuat suatu halaman website yang dapat dibaca dan dipahami oleh pengguna dengan lebih mudah

    BalasHapus
  4. Nama: Wahyu Setiawan
    NIM: 2619076
    Kelas: Program Komputer 2 A

    PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML

    BalasHapus
  5. Nama : Tri Risqiyati Ananda Wairi Putri
    NIM : 2619129
    Kelas : Program Komputer 2 A

    PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari "Personal Home Page Tools". Selanjutnya diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi "PHP: Hypertext Prepocessor" dengan singkatannya "PHP". PHP versi terbaru adalah versi ke-5.

    BalasHapus
  6. Nama : Slamet Nisfu Siyam
    NIM : 2619016
    Kelas : A

    HTML adalah bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).

    HTML memiliki struktur dasar yang terdiri dari : Tag DTD atau DOCTYPE, tag html, tag head, dan tag body.

    BalasHapus
  7. Nama = Nur Arum
    NIM = 2619104
    Kelas = Program Komputer 2 C

    PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum (wikipedia). Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.

    BalasHapus
  8. Nama : Nila Syifa Ziadah
    Nim : 2619083
    Kelas : Program Komputer 2A


    HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser). HTML dapat juga digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.

    BalasHapus
  9. Nama : Gunawan
    Nim : 2619082
    Kelas : Program komputer 2 B

    PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan sebuah bahasa pemrograman berbasis script server-side yang dikembangkan untuk pembuatan web. Selain untuk pengembangan web, PHP juga dimanfaatkan sebagai bahasa untuk pemrograman umum. PHP disebut sebagai bahasa pemrograman server side karena ia diproses pada komputer server saja. Hal inilah yang membedakan PHP dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript.

    BalasHapus
  10. Nama : OVIE YUNI FITRIYANI
    NIM : 2619053
    Kelas : Program Komputer 2B

    PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor. Sedangkan pengertian dari PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang digunakan dalam pembuatan website bersama dengan CSS dan HTML. PHP merubah website dari statis menjadi lebih dinamis dan mengubah konten serta fungsi website yang lebih interaktif untuk keperluan user.

    Dalam pembuatan website, sebenarnya dengan menggunakan HTML dan CSS saja sudah bisa menjadi website, tetapi website yang dibuat bersifat statis. Nah dengan menggunakan beberapa fungsi yang ada di PHP, website bisa berubah menjadi dinamis. Fungsi yang ada dalam PHP biasa disebut CRUD, CRUD kepanjangan dari Create, Read, Update dan Delete.

    BalasHapus
  11. Nama : Nurul Sakinah
    NIM : 2619131
    Kelas : B

    PHP adalah bahasa scriping server-side, bahasa pemograman yang digunakan untuk mengembangakn situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi Web. PHP singkatan dari Hypertext Pre-Prosessor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages.

    script sendiri merupakan sekumpulan intruksi pemograman yang ditafsirkan pada saat runtime. karena PHP merupakan scriping server-side maka jenis bahasa pemograman ini nantinya script/program, tersebut akan dijalankan/diproses oleh server. berbeda dengan javascript yang client-side.

    fungsi PHP adalah membuat atau mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi web. meskipun masih banyak banyak bahasa pemograman yang bisa digunakan untuk memuat web.
    PHP digunakan untuk membuat web dinamis bisa digunakan untuk menyimpan data ke dalam database, membuat halamannya yang dapat berubah-ubah sesuai dengan input user, memproses form.

    BalasHapus
  12. Nama: Putri Aini Azzaka
    NIM: 2619094
    Kelas: Program Komputer 2 C

    HyperText Markup Language (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web.
    HTML dapat memudahkan user pemula ataupun developer dalam memformat, menyusun, serta mengorganisir suatu dokumen secara online menggunakan program Microsoft Word.

    BalasHapus
  13. Muhammad anugerah25 Maret 2021 pukul 13.02

    Nama = Muhammad Anugerah
    Nim = 2619060
    Kelas = program komputer 2B

    Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.
    Eksistensi berkas: .css
    Jenis MIME: text/css
    Di kembangkan : World Wide Web Consortium

    Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file). Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

    BalasHapus
  14. Nama : Syahrul Mubarok
    Nim : 2619070
    Kelas : Program Komputer 2 B

    CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.
    CSS dibuat untuk memisahkan konten utama dengan tampilan dokumen yang meliputi layout, warna da font. Pemisahan ini dapat meningkatkann daya akses konten pada web, menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi darisebuah karakteristik dari sebuah tampilan, memungkinkan untuk membagi halaman untuk sebuah formatting dan mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten, contohnya teknik tableless pada desain web.
    CSS juga memungkinkan sebuah halaman untuk ditampilkan dalam berbagai style dengan menggunakan metode pembawaan yang berbeda pula, seperti on-screen, in-print, by voice, dan lain-lain. Sementaraitu, pemilik konten web bisa menentukan link yang menghubungkan konten dengan file CSS.

    BalasHapus
  15. Nama : Hanifah
    Nim. : 2619059
    Kelas. : Program Komputer 2 B

    HTML (HyperText Markup Language) merupaka bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).

    Disebut hypertext sebab di dalamnya terdapat sebuah text biasa yang memiliki fungsi lain, kita bisa membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dengan meng-klik text tersebut.

    Sedangkan, disebut Markup Language sebab bahasa HTML menggunakan tanda (mark) yang digunakan untuk menandai bagian-bagian dari text. Contohnya, text yang terletak di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan apabila berada di antara tanda lainnya akan terlihat besar. Tanda tersebut di kenal dengan sebutan HTML tag.

    BalasHapus
  16. Nama : Wulandari Lestari
    NIM : 2619036
    Kelas : Program Komputer 2 (A)

    HTML merupakan kependekan dari Hyper Text Markup Language adalah bahasa pemrogramman standar yang digunakan untuk membuat layout website yang disebut script untuk membuat tampilan sebuah web. Bahasa pemrogramman HTML bersifat client side scripting jadi tidak memerlukan server hanya membutuhkan browser untuk menampilkan script HTLM-nya. Dasar kode HTML cukup mudah dipelajari dan diaplikasikan. HTML memiliki dua struktur yaitu Head and Body. Bagian Head digunakan untuk meletakkan informasi Meta, JavaScript dan CSS. Bagian Body digunakan untuk meletakkan script utama.


    CSS atau Cascading Style Sheets merupakan bahasa pemrograman yang tujuanya untuk mendesain sebuah tampilan website sehingga akan lebih terstuktur dan seragam. CSS digunakan untuk mengatur peletakkan teks, gambar, mengubah warna font size, warna body teks, warna table, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraph, spasi antar teks, margin dan sebagaianya di dalam web browser. Sehingga dengan menggunakan CSS akan membuat website menjadi lebih menarik dan rapi.


    PHP atau Hypertext Preprocesor adalah bahasa pemrogramman yang disisipkan ke dalam HTML dan bersifat open source yang umum digunakan untuk pengembangan web. Kegunaanya sering dipakai untuk memrogram situs website dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS. Pada dasarnya PHP dan HTML merupakan bahasa pemrogramman dasar namun PHP lebih kesisi Server dan membutuhkan konektifitas ke dalam database, hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh HTML.

    HTML dan CSS merupakan satu paket bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat tampilan sebuah website. Dan PHP sendiri merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website yang dibuat HTML dan CSS menjadi dinamis.

    BalasHapus
  17. Nama : Fatma Wati
    Nim : 2619035
    Kelas: Program komputer A

    Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa file. Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

    BalasHapus
  18. Nama : Milatul Ulum
    NIM :2619042
    Kelas : Program Komputer 2 A

    CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.
    CSS dibuat untuk memisahkan konten utama dengan tampilan dokumen yang meliputi layout, warna da font. Pemisahan ini dapat meningkatkann daya akses konten pada web, menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi darisebuah karakteristik dari sebuah tampilan, memungkinkan untuk membagi halaman untuk sebuah formatting dan mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten, contohnya teknik tableless pada desain web.

    BalasHapus
  19. Nama : Azizatul Ayu Nuzhatun Nihlah
    Nim : 2619134
    Kelas : Program Komputer C

    Cascading Style Sheets atau lebih dikenal dengan CSS adalah bahasa pemrograman desain yang berguna untuk menyederhanakan proses pembuatan website.

    CSS merupakan bahasa pemrograman yang dipakai untuk mendesain halaman depan atau tampilan website (front end). CSS menangani tampilan dan ‘rasa’ dari halaman website.

    Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan menggunakan CSS dibandingkan dengan bahasa pemrograman inti seperti HTML dan PHP. Ketika menggunakan CSS, Anda dapat mengatur warna teks, jenis font, baris antar paragraf, ukuran kolom, dan jenis background yang dipakai.

    Tidak hanya itu CSS juga bisa untuk mendesain layout, variasi tampilan di berbagai perangkat yang berbeda, dan berbagai efek yang dipakai di dalam website.

    CSS sangat mudah dipelajari, tapi juga powerful karena dapat mengontrol penyajian tampilan dari dokumen HTML. Mulai dari yang simpel sampai kompleks. Tidak heran jika saat ini CSS hampir dipakai di berbagai website untuk dikombinasikan dengan HTML maupun PHP.

    BalasHapus
  20. Nama: Nina Alfiana
    Nim: 2619108
    Kelas: Program Komputer 2 A

    CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Berisi rangkaian instruksi yang menentukan bagiamana suatu text akan ditampilkan pada halaman web. Perancangan desain text dapat dilakukan dengan mendefinisikan fonts (huruf) , colors (warna), margins (ukuran), latar belakang (background), ukuran font (font sizes) dan lain-lain. Cascading Style Sheets juga bisa berarti meletakkan styles yang berbeda pada layers (lapisan) yang berbeda. CSS terdiri dari style sheet yang memberitahukan browser bagaimana suatu dokumen akan disajikan. Fitur-fitur baru pada halaman web lama dapat ditambahkan dengan bantuan style sheet. Saat menggunakan CSS, Anda tidak perlu menulis propertis font, color atau size pada setiap paragraf, atau pada setiap dokumen. Setelah Anda membuat sebuah style sheet, Anda dapat menyimpan kode tersebut sekali saja dan dapat kembali menggunakannya bila diperlukan.
    CSS adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda (markup laguage). Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS dapat diaplikasikan untuk segala dokumen XML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Nama : Roikhatul Jannah
    NIM : 2619025
    Kelas : Program Komputer 2 A

    HyperText Markup Language (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. Pada saat HTML merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM yang diketuai oleh Berners-lee robert ketika bekerja di CERN pada tahun 1989.

    BalasHapus
  23. Nama : Maulida Aulia
    Nim : 2619031
    Kelas : Program Komputer 2 A


    1. HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language.
    Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markah standar untuk dokumen yang dirancang untuk ditampilkan di peramban internet. Ini dapat dibantu oleh teknologi seperti Cascading Style Sheets (CSS) dan bahasa scripting seperti JavaScript dan VBScript. HTML memungkinkan seorang user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web dan aplikasi.

    2. CSS (Cascading Style Sheets) merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

    3. PHP ( Hypertext Preprocessor ) adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source. Sebagai sebuah scripting language, PHP menjalankan instruksi pemrograman saat proses runtime. Hasil dari instruksi tentu akan berbeda tergantung data yang diproses.

    Izin bertanya pak, dari ketiga pemrograman komputer tersebut, bagaimanakah perbedaan dan persamaannya pak?
    Terimakasih🙏

    BalasHapus
  24. Nama : Maurizka Khoirunnisa
    NIM :2619109
    Kelas : Program Komputer 2 C

    HyperText Markup Language (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

    BalasHapus
  25. Nama : Aulia Asmarani
    NIM : 2619091
    Kelas : Program Komputer A


    PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. Banyak situs web Yang pengembanganya menggunakan PHP misalnya Facebook, Wrodpress, Digg dan masih banyak lagi. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari "Personal Home Page Tools". Selanjutnya diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi "PHP: Hypertext Prepocessor" dengan singkatannya "PHP". PHP versi terbaru adalah versi ke-5.

    BalasHapus
  26. Nama : Qismuna Madini
    Nim : 2619105
    Kelas: Program Komputer 2C

    HTML Adalah singkatan dari HyperText Markup Language. HTML ini merupakan suatu sistem yang digunakan dalam internet untuk menentukan struktur konten pada halaman web.
    HTML ini berfungsi sebagai fondasi atau basis sistem yang digunakan dalam pembuatan situs web. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa seseorang tidak dapat membuat dan menjalankan fungsi web dengan baik tanpa memiliki HTML. Sehingga HTML merupakan komponen utama yang perlu disiapkan terlebih dahulu untuk memudahkan pembuatan dan pengoperasian web.

    BalasHapus
  27. Nama : Efin Rizki Yunianti
    Nim : 2619124
    Kelas : Program Komputer2 C

    HyperText Markup Language (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser web. HTMLdibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

    BalasHapus
  28. Nama : Nurul Hidayah
    NIM : 2619019
    Kelas : Program Komputer 2 A

    PHP merupakan singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages.
    PHP adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis.
    PHP hanya mengeksekusi kode yang ditulis dalam pembatas sebagaimana ditentukan oleh dasar sintaks PHP. Apapun di luar pembatas tidak diproses oleh PHP (meskipun teks PHP ini masih mengendalikan struktur yang dijelaskan dalam kode PHP.

    BalasHapus
  29. Nama : Dewi Karima
    NIM : 2619024
    Kelas : Program Komputer 2 A

    PHP adalah singkatan dari Hipertext Prepocessor, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Fungsi PHP adalah digunakan untuk pengembangan website. Sintaks dasarnya dibuka dengan , Sintaks PHP bersifat case sensitive.
    Jadi, penggunaan huruf besar atau kecil akan turut mempengaruhi output yang diberikan.

    BalasHapus
  30. Nama : Zuhrotun Nisa'
    Nim 2619027
    Kelas : Program Komputer A

    CSS Cascading Fashion Sheets atau lebih dikenal dengan CSS adalah bahasa pemrograman desain yang berguna untuk menyederhanakan proses pembuatan website. CSS merupakan bahasa pemrograman yang dipakai untuk mendesain halaman depan atau tampilan site (front conclusion). CSS menangani tampilan dan ‘rasa’ dari halaman website. Dengan menggunakan CSS dapat mengatur warna teks, jenis text style, baris antar paragraf, ukuran kolom, dan jenis foundation yang dipakai. Tidak hanya itu CSS juga bisa untuk mendesain format, variasi tampilan di berbagai perangkat yang berbeda, dan berbagai efek yang dipakai di dalam website. CSS sangat mudah dipelajari, tapi juga capable karena dapat mengontrol penyajian tampilan dari dokumen HTML. Mulai dari yang simpel sampai kompleks.

    BalasHapus
  31. Nama : Ines Yuniarti
    Nim : 2619086
    Kelas : Program Komputer A

    PHP adalah bahasa penulisan skrip open-source yang biasanya digunakan dalam pemrograman atau pengembangan website. PHP atau Hypertext Preprocessor sebenarnya mirip dengan JavaScript dan Python, perbedaannya adalah PHP sering kali digunakan untuk komunikasi sisi server, sedangkan JavaScript bisa digunakan untuk frontend dan backend. Sementara itu, Python hanya untuk sisi server (backend).

    BalasHapus
  32. Nama: Putri Febriyanti
    NIM: 2619120
    Kelas: Program Komputer 2 C

    HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).

    HTML merupakan sebuah bahasa yang bermula bahasa yang sebelumnya banyak dipakai di dunia percetakan dan penerbirtan yang disebut Standard Generalized Markup Language (SGML).

    Secara umum, fungsi HTML adalah untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di Internet melalui layanan web.

    BalasHapus
  33. Nama : Fitri Kurniasih
    Nim : 2619006
    Kelas : Program Komputer 2 A

    HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML memungkinkan seorang user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web dan aplikasi.
    HTML bukanlah bahasa pemrograman, dan itu berarti HTML tidak punya kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis. Sebagai gantinya, HTML memungkinkan user untuk mengorganisir dan memformat dokumen, sama seperti Microsoft Word.
    Ketika bekerja dengan HTML, Anda menggunakan struktur kode yang sederhana (tag dan attribute) untuk mark up halaman website.

    BalasHapus
  34. Nama : Listin Weniarni
    Nim : 2619002
    Kelas : Program Komputer2 A

    CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia secara harfiah, CSS berarti “lembar penataan menurun”.

    Namun secara konteks, Cascading Style Sheets adalah kumpulan perintah yang digunakan untuk menjelaskan tampilan sebuah halaman situs web dalam mark-up language. Mark-up language atau bahasa markah adalah bahasa pemrograman yang biasanya digunakan membuat website.

    CSS beroperasi melalui tag dengan atribut class warna. Dengan adanya CSS pada HTML tersebut maka pengaturan warna teks akan menjadi lebih mudah.

    peran CSS untuk website sangatlah penting. Tanpa adanya CSS, tampilan website akan membosankan atau bahkan membutuhkan waktu lama untuk loading.

    BalasHapus
  35. Nama : Ayu Fadila
    NIM : 2619107
    Kelas : Program Komputer 2 C

    Cascading Style Sheet atau CSS adalah kumpulan kode yang diperuntukkan untuk mengatur dan mendesain tampilan halaman web. Jadi dengan CSS, kita bisa mendesain jenis huruf, warna huruf, ukuran huruf, perataan teks, gambar, background, dan banyak lainnya.

    Cara kerja CSS adalah dengan menerapkan kode CSS pada tiap tag HTML yang ingin didesain tampilannya.

    HTML dan CSS ini tak dapat dipisahkan, mereka selalu bersama karena saling terikat satu sama lain. HTML untuk struktur dan konten halaman web, sedangkan CSS untuk mendesain tampilannya.

    BalasHapus
  36. Nama : Najma Aziza
    NIM : 2619116
    Kelas : Program Komputer B
    PHP adalah bahasa pemrograman. PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor. PHP yaitu bahasa skrip yang dapat ditanamkan/ diarsipkan ke dalam HTML. Biasa dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat untuk membangun sebuah CMS. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdof tahun 1995. Kenapa PHP populer? Karena mudah dipahami, materi belajar melimpah, bersifat open source, keceoatan tinggi, banyak pikihan database, ada layanan cloud.

    BalasHapus
  37. Nama:Fina Rizqi Kamila
    NIM:2619081
    Kelas: Program Komputer 2 B
    Pengertian HTML
    HyperText Markup Language (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. Pada saat HTML merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

    BalasHapus
  38. Nama : Naely Syafa'atul Udzna
    NIM : 2619087
    Kelas : Program Komputer 2 C

    PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source.

    Sebagai sebuah scripting language, PHP menjalankan instruksi pemrograman saat proses runtime. Hasil dari instruksi tentu akan berbeda tergantung data yang diproses.

    PHP merupakan bahasa pemrograman server-side, maka script dari PHP nantinya akan diproses di server. Jenis server yang sering digunakan bersama dengan PHP antara lain Apache, Nginx, dan LiteSpeed.

    Selain itu, PHP juga merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source. Pengguna bebas memodifikasi dan mengembangkan sesuai dengan kebutuhan mereka.

    Beberapa alasan php begitu populer
    - Cenderung mudah dipelajari dibanding beberapa bahasa pemrograman populer lain, PHP lebih mudah dipelajari.
    -Materi belajar yang melimpah — umur PHP yang “cukup tua” menyebabkan banyak sekali dokumentasi, panduan, dan komunitas aktif bertebaran di jagat maya. Jadi, tak perlu takut jika Anda mengalami kesulitan.
    - PHP bersifat open-source — siapapun bisa menggunakan PHP tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.
    - Kecepatan tinggi — PHP terbukti bisa meningkatkan kecepatan loading dibanding bahasa lain. Misalnya, lebih cepat tiga kali daripada Phyton pada beberapa kasus.
    - Banyaknya pilihan database PHP bisa digunakan di hampir semua jenis database. Mulai dari MySQL, hingga non-relational database seperti Redis.
    - Kompatibilitas yang baik dengan HTML — script PHP tidak mengganggu HTML sama sekali. Justru mereka berdua saling melengkapi.
    - Fleksibilitas tinggi — PHP bisa dikombinasikan dengan banyak sekali bahasa pemrograman lain. Sehingga bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.
    - Multi-platform — PHP bisa Anda gunakan di macam-macam operating system. Mulai dari Windows, Linux, hingga MacOS.
    - Selalu diperbarui — sejak pertama kali muncul tahun 1995, sekarang PHP sudah berada pada versi 7.4.
    - Mendukung layanan cloud — siapa sangka, walaupun umur PHP hampir dua dekade, tapi ia bisa mendukung layanan cloud dengan skalabilitas yang baik.

    BalasHapus
  39. Nama : Nike Handayani
    NIM : 2619038
    Kelas : Program Komputer 2 A

    HyperText Markup Language (HTML) merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web, guna menampilkan berbagai informasi di dalam browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. HTML didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

    Tag HTML memiliki dua tipe utama:
    1. block-level space yang tersedia dan selalu membuat line baru di dalam dokumen. Contoh dari tag block adalah heading dan paragraf
    2. Inline tags
    Space digunakan sesuai kebutuhan dan tidak membuat line baru di halaman. Contohnya link dan emphasized strings.

    BalasHapus
  40. Nama : Silvi Rahmawati
    Nim : 2619052
    Makul : Prokom 2 B

    1. *HTML (Hyper Text Markup Language)* adalah bahasa pemrograman standar yg digunakan utk membuat sebuah halaman web yg kemudian dpt diakses utk menampilkan berbagai informasi didalam sebuah penjelajahan web internet (browser). Istilah markup yg digunakan utk membuat tampilan, layout atau tata letak suatu website.

    2. *CSS (Cascading Style Sheet)* adl salah satu kode pemrograman yg bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan/layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik. CSS biasanya selalu dikaitkan dengan HTML karena keduanya memang saling melengkapi. HTML digunakan utk membuat struktur atau konten dr halaman web. Sedangkan CSS digunakan utk tampilan dr hlman web tsbt.

    3. *PHP* Adalah bahasa scripting server-side, Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi Web. PHP singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages.

    BalasHapus
  41. Nama : Mei Yuniati
    NIM : 2619068


    1. *HTML (Hyper Text Markup Language)* adalah bahasa pemrograman standar yg digunakan utk membuat sebuah halaman web yg kemudian dpt diakses utk menampilkan berbagai informasi didalam sebuah penjelajahan web internet (browser). Istilah markup yg digunakan utk membuat tampilan, layout atau tata letak suatu website.

    2. *CSS (Cascading Style Sheet)* adl salah satu kode pemrograman yg bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan/layout halaman web supaya lebih elegan dan menarik. CSS biasanya selalu dikaitkan dengan HTML karena keduanya memang saling melengkapi. HTML digunakan utk membuat struktur atau konten dr halaman web. Sedangkan CSS digunakan utk tampilan dr hlman web tsbt.

    3. *PHP* Adalah bahasa scripting server-side, Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi Web. PHP singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages.

    BalasHapus
  42. Nama : Zenitha Puji Hanifah
    Nim : 2619067
    Kelas : Program Komputer 2 B

    PHP merupakan bahasa pemrograman script server-sidu yang didesain untuk pengembangan web. PHP merupakan singkatan dari "Hypertext Prepocessor" yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan, pembuatan, dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf dan sekarang dikelola oleh The PHP Group

    BalasHapus
  43. Nama :Lily Nurrahmawati
    Nim : 2619010
    Kelas : prokom A


    CSS atau Cascading Style Sheets merupakan bahasa pemrograman yang tujuanya untuk mendesain sebuah tampilan website sehingga akan lebih terstuktur dan seragam. CSS digunakan untuk mengatur peletakkan teks, gambar, mengubah warna font size, warna body teks, warna table, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraph, spasi antar teks, margin dan sebagaianya di dalam web browser. Sehingga dengan menggunakan CSS akan membuat website menjadi lebih menarik dan rapi.

    BalasHapus
  44. Nama : Shalsha Febriana
    Nim : 2619045
    Kelas : Progkom 2 B


    CSS (Cascading Style Sheet) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk menghias dan mempercantik tag-tag para HTML.Tugas CSS sendiri adalah memperbaiki dan mengembangkan format HTML yang masih sangat sederhana menjadi tampilan yang menarik.

    BalasHapus
  45. Nama : Ina Ros Retno Wardani
    Nim. : 2619021
    Kelas: Program Komputer 2 A

    PHP merupakan bahasa
    pemrogramman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses data dinamis. PHP dikatakan sebagai sebuah server-side embedded scriptlanguage artinya sintaks-sintaks dan perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa.
    Aplikasi-aplikasi yang dibangun oleh PHP pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan di server,
    pada prinsipnya server akan bekerja
    apabila ada permintaan dari client. Dalam hal ini client menggunakan kode-kode PHP untuk mengirimkan permintaan ke server.

    BalasHapus
  46. Nama : Windi Nugrahani
    NIM : 2619046
    Kelas : Program Komputer 2 B

    HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser). HTML dapat juga digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.
    HTML (Hyper Text Markup Language) adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

    BalasHapus
  47. Nama: Khoirur Roziqin
    NIM: 2619062
    Kelas: Program Komputer 2 - B

    PHP (Hypertext Prepocessor) adalah bahasa pemrograman server-side yang digunakan dalam pembuatan website bersama dengan CSS dan HTML. PHP merubah website dari statis menjadi lebih dinamis dan mengubah konten serta fungsi website yang lebih interaktif untuk keperluan user.
    Dengan beberapa fungsi yang ada di PHP, website bisa berubah menjadi dinamis. Fungsi yang ada dalam PHP biasa disebut CRUD, CRUD kepanjangan dari Create, Read, Update dan Delete. PHP sangat penting apabila suatu website berhubungan dengan pengelolaan database.

    BalasHapus
  48. Nama : Shalsha Febriana
    Nim : 2619045
    Kelas : Progkom 2 B


    CSS (Cascading Style Sheet) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk menghias dan mempercantik tag-tag para HTML.Tugas CSS sendiri adalah memperbaiki dan mengembangkan format HTML yang masih sangat sederhana menjadi tampilan yang menarik.

    BalasHapus
  49. Nama : Alviana Nurmasitoh
    NIM : 2619008
    Kelas: Program Kompter 2 A


    HyperText Markup Language (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. Pada saat HTML merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM yang diketuai oleh Berners-lee robert ketika bekerja di CERN pada tahun 1989.

    Sejarah pembuatan HTML diawali pada tahun 1980, dimana IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Language, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. Kemudian IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.


    Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen. ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Selain itu SGML terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web. Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.

    BalasHapus
  50. Nama : Allisa Qotrunnada
    Nim : 2619018
    Kelas : Program Komputer 2A


    HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser). HTML dapat juga digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.

    Supaya dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi Pemformatan hiperteks sederhana ditulis dalam berkas format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.
    HTML merupakan sebuah bahasa yang bermula bahasa yang sebelumnya banyak dipakai di dunia percetakan dan penerbirtan yang disebut Standard Generalized Markup Language (SGML).

    BalasHapus
  51. Nama : Rifqi Faqihudin
    Nim : 2619100
    Kelas : Program Komputer 2 C


    PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor. Sedangkan pengertian dari PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang digunakan dalam pembuatan website bersama dengan CSS dan HTML. PHP merubah website dari statis menjadi lebih dinamis dan mengubah konten serta fungsi website yang lebih interaktif untuk keperluan user.

    BalasHapus
  52. Nama : Intan Lestari
    Nim : 2619072
    Kelas : Program Komputer 2 B

    HyperText Markup Language (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

    Cascading Style Sheet merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

    PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.

    BalasHapus
  53. Nama : Arina Dina Haq
    Nim : 2619075
    Kelas : Program Komputer 2B

    CSS (Cascading Style Sheet) adalah kode pemrograman yang bertujuan untuk menghias dan mengatur gaya tampilan atau layout halaman web supaya lebih elegan, menarik dan mengatur tampilan elemen yang tertulis dalam bahasa markup serta berfungsi untuk memisahkan konten dari tampilan visualnya di situs. CSS dibuat dan dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) pada tahun 1996 untuk alasan yang sederhana.

    BalasHapus
  54. Nama : Asmaul Khusnah
    Nim : 2619073
    Kelas : Program Komputer 2 B

    PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Prepocessor", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML.
    PHP merupakan bahasa pemrograman server-side, maka script dari PHP nantinya akan diproses di server.
    Jenis server yang sering digunakan bersama dengan PHP antara lain Apache, Nginx, dan LiteSpeed.

    BalasHapus
  55. Nama : Fadia Fara Ikha
    NIM : 2619130
    Kelas : Program Komputer 2 -A


    HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language.Disebut Markup Language karena bahasa HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan jika berada di antara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini di kenal sebagai HTML tag.

    PHP adalah singkatan dari Hipertext Prepocessor, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Fungsi PHP adalah digunakan untuk pengembangan website. Sintaks dasarnya dibuka dengan , Sintaks PHP bersifat case sensitive.



    CSS berasal dari kata Cascading Style Shett. Adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengatur style di dalam website atau bisa disebut dengan kumpulan kode-kode untuk mengatur tampilan atau layout halaman web supaya lebih menarik.

    Terimakasih pak🙏

    BalasHapus
  56. Nama: Cintya Andriani P
    Nim: 2619079
    Kelas: prokomp 2B

    HTML adalah, (HyperText Markup Language) sebuah bahasa standar yang digunakan oleh browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen pada sebuah Web yang kemudian dapat diakses dan dibaca layaknya sebuah artikel. HTMLjuga dapat digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.

    BalasHapus
  57. Nama : Fitria Ana Fadlilah
    Nim : 2619097
    Kelas : Program Komputer 2 C



    HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language , yaitu markup language yang digunakan untuk membuat suatu halaman web, sehingga HTML dapat menampilkan berbagai informasi baik tulisan maupun gambar pada sebuah web browser. HTML biasanya menggunakan tag-tag tertentu yang berada dalam tanda kurung <>.



    CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet, yaitu suatu aturan yang digunakan untuk mengatur tampilan maupun format dari suatu halaman web, sehingga tampilan web akan menjadi lebih teratur. CSS juga digunakan untuk meningkatkan keindahan suatu web dengan style-style tertentu. Contoh penggunaan CSS adalah untuk mengatur warna font, ukuran font, ketebalan font, mengganti background web, mengubah border dari suatu tabel, perubahan tampilan suatu link saat dipilih, dan lainnya.


    PHP merupakan singkatan rekursif (akronim berulang) dari PHP Hypertext Preprocessor. PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini atau dalam kata lain bisa diartikan sebuah bahasa pemrograman web yang bekerja di sisi server (server side scripting) yang dapat melakukan konektifitas padadatabase yang di mana hal itu tidak dapat dilakukan hanya dengan menggunakan sintaks-sintaks HTML biasa. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs webdinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.

    BalasHapus
  58. Nama : Fitria Ana Fadlilah
    Nim :2619097
    Kelas : Program Komputer 2 C



    CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheet, yaitu suatu aturan yang digunakan untuk mengatur tampilan maupun format dari suatu halaman web, sehingga tampilan web akan menjadi lebih teratur. CSS juga digunakan untuk meningkatkan keindahan suatu web dengan style-style tertentu. Contoh penggunaan CSS adalah untuk mengatur warna font, ukuran font, ketebalan font, mengganti background web, mengubah border dari suatu tabel, perubahan tampilan suatu link saat dipilih, dan lainnya.


    BalasHapus
  59. Nama : M. Whyan Hafizh Ar-Rafi

    NIM : 2619119

    Kelas : Program Komputer 2 C

    PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS.
    PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client).
    Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.
    Saat ini PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri: PHP: Hypertext Preprocessor.

    BalasHapus
  60. Nama : Fitria Nur Latifah
    NIM : 2619133
    Kelas : Program Komputer II C

    PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa scripting yang tergabung menjadi satu dengan HTML dan dijalankan pada server side atau semua perintah yang diberikan akan secara penuh dijalankan pada server, sedangkan yang dikirimkan ke klien (browser) hanya berupa hasilnya saja.

    Sintak dan semantik PHP memiliki kesamaan dengan bahasa C, JAVA, PERL, dengan menambahkan tambahan tag , pasangan kedua kode inilah yang berfungsi sebagai tag kode PHP. Berdasarkan tag inilah pihak server dapat memahami kode PHP dan kemudian memprosesnya, hasilnya dikirim ke browser.

    BalasHapus
  61. Nama: Khumaeroh wahyu puja
    NIM: 2619051
    Kelas : Program komputer 2 C

    1. HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language.
    Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa markah standar untuk dokumen yang dirancang untuk ditampilkan di peramban internet. Ini dapat dibantu oleh teknologi seperti Cascading Style Sheets (CSS) dan bahasa scripting seperti JavaScript dan VBScript. HTML memungkinkan seorang user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web dan aplikasi.

    2. CSS (Cascading Style Sheets) merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

    3. PHP ( Hypertext Preprocessor ) adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source. Sebagai sebuah scripting language, PHP menjalankan instruksi pemrograman saat proses runtime. Hasil dari instruksi tentu akan berbeda tergantung data yang diproses.

    BalasHapus
  62. Nama : Bintan Arini Subekti
    NIM : 2619077
    Kelas : Program Komputer 2 B

    PENGERTIAN HTML

    HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).
    HTML dapat juga digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.

    BalasHapus
  63. Nama :Nurul Aulia
    NIM: 2619090
    Kelas: Program Komputer2 C

    - HTML adalah bahasa markah standar untuk dokumen yang dirancang untuk ditampilkan di peramban internet. Ini dapat dibantu oleh teknologi seperti Cascading Style Sheets (CSS) dan bahasa scripting seperti JavaScript dan VBScript. HTML memungkinkan seorang user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web dan aplikasi.

    - CSS (Cascading Style Sheets) merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

    - PHP ( Hypertext Preprocessor ) adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source. Sebagai sebuah scripting language, PHP menjalankan instruksi pemrograman saat proses runtime. Hasil dari instruksi tentu akan berbeda tergantung data yang diproses.

    BalasHapus
  64. Nama : Arina Lutfiana
    Nim. : 2619023
    Kelas: Program Komputer C

    CSS adalah singakatan dari Cascading Style Sheet. CSS berfungsi untuk memberikan style atau corak tampilan pada suatu elemen atau struktur page website yang dibuat HTML.

    Contohnya seperti memberi warna pada huruf, menebal / memeringkan huruf, dan masih banyak lagi. Tampilan website yang hanya menggunakan HTML akan terlihat membosankan, maka dari itu diciptakannya CSS.

    CSS adalah sebuah teknologi internet yang kembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) pada tahun 1996. Selain HTML, CSS juga kompatibel Bahasa markup lain seperti XHTML, XML, SVG, dan XUL.

    BalasHapus
  65. Nama : Lutfi Maulana
    Nim. : 2619041
    Kelas: Program Komputer C

    HTML (Hyper Text MarkUp Language) adalah Bahasa markup standar untuk pembuatan halaman website. Dengan HTML kita dapat membuat halaman website sesuai standar dengan pengkodean tag-tag HTML. Artinya, HTML merupakan wadah / tempat bagi bahasa pemrograman website lainnya.

    Dengan halaman website kita dapat memberikan informasi ke berbagai penjuru nusantara bahkan ke seluruh dunia. Diimbangi dengan berkembangnya dunia internet, pembuatan website serasa sangat penting untuk di kehidupan sekarang ini.

    HTML sebenarnya mirip dengan bahasa yang sering kita pergunakan di kehidupan sehari-hari, namun dalam penulisan di HTML kita harus memerlukan kode atau "Tag HTML" sehingga membentuk struktur kode dan halaman HTML yang lengkap.

    Seperti contoh ketika kita menulis tebal huruf "Manusia" didalam buku, maka jika di dalam halaman website kita harus memakai tag HTML Manusia. Karena tag mempunyai format mencetak tebal suatu string.

    BalasHapus
  66. Nama : Sofiyatul Hidayah
    Nim : 2619033
    Kelas : Program Komputer 2 A

    HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML memungkinkan seorang user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web dan aplikasi.
    HTML bukanlah bahasa pemrograman, dan itu berarti HTML tidak punya kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis. Sebagai gantinya, HTML memungkinkan user untuk mengorganisir dan memformat dokumen, sama seperti Microsoft Word.

    BalasHapus
  67. Nama: ahmad Rizieq Labieb Ar rosyidi
    NIM: 2619058
    Kelas: Program komputer 2 C

    Cascading Style Sheets atau lebih dikenal dengan CSS adalah bahasa pemrograman desain yang berguna untuk menyederhanakan proses pembuatan website.

    CSS merupakan bahasa pemrograman yang dipakai untuk mendesain halaman depan atau tampilan website (front end). CSS menangani tampilan dan ‘rasa’ dari halaman website.

    Contoh penerapan langsung dari CSS adalah seperti membuat desain form login, membuat desain dropdown yang menarik, dan masih banyak lagi.

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  69. Nama : Indah Marina
    Nim : 2619113
    Kelas : Program Komputer 2 A

    HTML (HyperText Markup Language) merupakan markup language. Markup language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat halaman Web. HTML dapat digunakan untuk layout, font, dan element grafic. Setiap halaman Web dibangun dengan menggunakan tag HTML (code HTML) yang ditanamkan dalam text.

    BalasHapus
  70. Nama : Nur Milatul Ulfa
    Nim : 2619071
    Kelas : Program Komputer 2B

    PHP sendiri memiliki singkatan yaitu Hypertext Pre-processor.
    PHP Adalah bahasa scripting server-side, Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi Web.
    Dalam membuat file PHP dapat digabung menggunakan tag html, Dan ketika tanpa menggunakan tag html apa pun disebut file PHP Murni.

    BalasHapus
  71. Nama : musfirotun alal k
    Nim :2619074
    Kelas : program komputer2B
    Cascading Style Sheet merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

    BalasHapus
  72. Nama: Laila Zukriya
    Nim : 2619022
    Kelas : Program Komputer 2 C

    Pengertian HTML
    Pengertian html (HyperText Markup Language) adalah bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser).

    Disebut hypertext sebab di dalamnya terdapat sebuah text biasa yang memiliki fungsi lain, kita bisa membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dengan meng-klik text tersebut.

    Sedangkan, disebut Markup Language sebab bahasa HTML menggunakan tanda (mark) yang digunakan untuk menandai bagian-bagian dari text. Contohnya, text yang terletak di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan apabila berada di antara tanda lainnya akan terlihat besar. Tanda tersebut di kenal dengan sebutan HTML tag.

    BalasHapus
  73. Nama :Nailil Mufrodah
    Nim :2619061
    Kelas :Program Komputer 2 B

    HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser). HTML dapat juga digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.

    BalasHapus
  74. Nama : Yogi Ferdianto
    Nim : 2619055
    Kelas : Program Komputer 2 B

    PHP adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source. dimana bahasa pemrograman ini sering di sebut sebagai mesin penggerak suatu website.

    BalasHapus
  75. Nama : Aisyah Vidi Astanti
    NIM : 2619128
    Kelas : Program Komputer 2 B

    PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor. Sedangkan pengertian dari PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang digunakan dalam pembuatan website bersama dengan CSS dan HTML. PHP merubah website dari statis menjadi lebih dinamis dan mengubah konten serta fungsi website yang lebih interaktif untuk keperluan user.

    PHP merupakan bahasa pemrograman yang populer hingga saat ini mengalahkan beberapa bahasa pemrograman lainnya, termasuk ASP.NET. Memang secara fungsi PHP bukan yang terbaik jika dibandingkan pemrograman web lainnya, tetapi secara pengguna PHP masih menjadi nomor satu.

    BalasHapus
  76. Nama : Sella Rahma Amalia
    Nim. : 2619080
    Kelas :program komputer c


    HyperText Markup Language (HTML) merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. Pada saat HTML merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM yang diketuai oleh Berners-lee robert ketika bekerja di CERN pada tahun 1989.

    BalasHapus
  77. Nama : Nihlah Ni'matul Maula
    NIM : 2619012
    Kelas : Prokom 2 (A)

    CSS atau disebut Cascading Style Sheet, merupakan aturan untuk mengatur beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman.

    Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata, seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file).

    Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML.

    CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Maka dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.

    BalasHapus
  78. Nama : Nimas Ayu Kusuma Putri
    NIM : 2619069
    Kelas : Program Komputer B

    PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client).

    Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.

    Saat ini PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri: PHP: Hypertext Preprocessor.

    PHP dapat digunakan dengan gratis (free) dan bersifat Open Source. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek Open Source.

    BalasHapus
  79. Nama : M. Lutfi Maulana
    Nim : 2619041
    Kelas : Program Komputer 2 C

    HTML (Hyper Text MarkUp Language) adalah Bahasa markup standar untuk pembuatan halaman website. Dengan HTML kita dapat membuat halaman website sesuai standar dengan pengkodean tag-tag HTML.

    Artinya, HTML merupakan wadah / tempat bagi bahasa pemrograman website lainnya.

    Dengan halaman website kita dapat memberikan informasi ke berbagai penjuru nusantara bahkan ke seluruh dunia. Diimbangi dengan berkembangnya dunia internet, pembuatan website serasa sangat penting untuk di kehidupan sekarang ini.

    BalasHapus
  80. Ana mustafida
    2619063
    Progam komputer 2 B

    PHP (PHP: Hypertext Preprocessor) adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source.

    Sebagai sebuah scripting language, PHP menjalankan instruksi pemrograman saat proses runtime. Hasil dari instruksi tentu akan berbeda tergantung data yang diproses.
    Dalam pengembangan website, PHP menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib dipelajari. Alasannya, bahasa pemrograman ini mampu untuk membuat website menjadi dinamis.

    BalasHapus
  81. Nama : Nirma Ilmiyah
    NIM : 2619004
    Kelas : Program Komputer 2 A

    PHP berasal dari kata Hypertext
    Preprocessor, yaitu Bahasa pemrograman
    universal untuk penanganan pembuatan dan
    pengembangan sebuah situs web dan bisa
    digunakan bersamaan dengan HTML. Lebih khususnya PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan
    bahasa scripting yang tergabung menjadi satu
    dengan HTML dan dijalankan pada server
    side atau semua perintah yang diberikan akan
    secara penuh dijalankan pada server,
    sedangkan yang dikirimkan ke klien (browser)
    hanya berupa hasilnya saja.
    Sintak dan semantik PHP memiliki kesamaan
    dengan bahasa C, JAVA, PERL, dengan
    menambahkan tambahan tag , pasangan
    kedua kode inilah yang berfungsi sebagai tag
    kode PHP. Berdasarkan tag inilah pihak
    server dapat memahami kode PHP dan
    kemudian memprosesnya, hasilnya dikirim ke
    browser.
    PHP termasuk bahasa pemrograman webserver-
    side yang bersifat open source atau free.PHP dirilis dalam lisensi PHP license. Dan untuk membuat program PHP kita diharuskan untuk
    menginstal web server terlebih dahulu.

    BalasHapus
  82. Nama : Tsuwaibatul Aslamiyah
    NIM : 2619047
    Kelas : Program Komputer 2 B

    HTML atau Hypertext Markup Language adalah suatu bahasa pemrograman untuk menampilkan dokumen yang dapat dieksekusi dari suatu platform komputer ke platform komputer lainnya tanpa melakukan perubahan.

    BalasHapus
  83. Nama : Riska Windi Ariska
    NIM : 2619085
    Kelas : Program Komputer 2-A

    Pengertian HTML

    HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser). HTML ini sering digunakan dalam link-link dalam sebuah situs atau komputer yang menghubungkan dua situs dalam dunia internet.
    HTML merupakan sebuah bahasa yang bermula bahasa yang sebelumnya banyak dipakai di dunia percetakan dan penerbirtan yang disebut Standard Generalized Markup Language (SGML).

    BalasHapus
  84. Nama : Zubaidah
    Nim : 2619030
    Kelas : Program komputer 2A

    CSS merupakan bahasa pemrograman yang dipakai untuk mendesain halaman depan atau tampilan website (front end). CSS menangani tampilan dan ‘rasa’ dari halaman website.

    Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan menggunakan CSS dibandingkan dengan bahasa pemrograman inti seperti HTML dan PHP. Ketika menggunakan CSS, Anda dapat mengatur warna teks, jenis font, baris antar paragraf, ukuran kolom, dan jenis background yang dipakai.

    Tidak hanya itu CSS juga bisa untuk mendesain layout, variasi tampilan di berbagai perangkat yang berbeda, dan berbagai efek yang dipakai di dalam website.

    BalasHapus
  85. Nama : Eva Ma'sumatul Fitroh
    Nim : 2619127
    Kelas : Program Komputer 2 B
    HTML yaitu singkatan dari HyperText Markup Language. HTML ini merupakan suatu sistem yang digunakan dalam internet untuk menentukan struktur konten pada halaman web.
    HTML ini berfungsi sebagai fondasi atau basis sistem yang digunakan dalam pembuatan situs web. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa seseorang tidak dapat membuat dan menjalankan fungsi web dengan baik tanpa memiliki HTML. Sehingga HTML merupakan komponen utama yang perlu disiapkan terlebih dahulu untuk memudahkan pembuatan dan pengoperasian web.

    BalasHapus
  86. Nama : Tri Kurnia Sakinah
    NIM : 2619056
    Kelas : Program Komputer 2 B
    PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor. Sedangkan pengertian dari PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang digunakan dalam pembuatan website bersama dengan CSS dan HTML. PHP merubah website dari statis menjadi lebih dinamis dan mengubah konten serta fungsi website yang lebih interaktif untuk keperluan user.

    PHP merupakan bahasa pemrograman yang populer hingga saat ini mengalahkan beberapa bahasa pemrograman lainnya, termasuk ASP.NET. Berdasarkan hasil survey dari W3Techs.com, PHP mendapatkan prosentase 78.9% mengalahkan bahasa pemrograman lainnya. Tentu ini prosentase yang besar jika dibandingkan dengan lainnya. Memang secara fungsi PHP bukan yang terbaik jika dibandingkan pemrograman web lainnya, tetapi secara pengguna PHP masih menjadi nomor satu.

    BalasHapus
  87. Nama:Muhammad Najjul Arifin
    NIM :2619122
    Kelas : Program Komputer 2 C
    CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID.
    CSS dibuat untuk memisahkan konten utama dengan tampilan dokumen yang meliputi layout, warna da font. Pemisahan ini dapat meningkatkann daya akses konten pada web, menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi darisebuah karakteristik dari sebuah tampilan, memungkinkan untuk membagi halaman untuk sebuah formatting dan mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten, contohnya teknik tableless pada desain web.
    CSS juga memungkinkan sebuah halaman untuk ditampilkan dalam berbagai style dengan menggunakan metode pembawaan yang berbeda pula, seperti on-screen, in-print, by voice, dan lain-lain. Sementaraitu, pemilik konten web bisa menentukan link yang menghubungkan konten dengan file CSS.

    BalasHapus
  88. Nama: Suci nur hidaya
    Nim: 2619028
    Kelas: program komputer 2 A

    Pengertian HTML
    HTML merupakan suatu bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser web. HTML dibuat dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. Pada saat HTML merupakan standar internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM yang diketuai oleh Berners-lee robert ketika bekerja di CERN pada tahun 1989.

    BalasHapus
  89. Nama : Azizatul Ayu Nuzhatun Nihlah
    Nim : 2619134
    Kelas : Program Komputer C

    Cascading Style Sheets atau lebih dikenal dengan CSS adalah bahasa pemrograman desain yang berguna untuk menyederhanakan proses pembuatan website.

    CSS merupakan bahasa pemrograman yang dipakai untuk mendesain halaman depan atau tampilan website (front end). CSS menangani tampilan dan ‘rasa’ dari halaman website.

    Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan menggunakan CSS dibandingkan dengan bahasa pemrograman inti seperti HTML dan PHP. Ketika menggunakan CSS, Anda dapat mengatur warna teks, jenis font, baris antar paragraf, ukuran kolom, dan jenis background yang dipakai.

    Tidak hanya itu CSS juga bisa untuk mendesain layout, variasi tampilan di berbagai perangkat yang berbeda, dan berbagai efek yang dipakai di dalam website.

    CSS sangat mudah dipelajari, tapi juga powerful karena dapat mengontrol penyajian tampilan dari dokumen HTML. Mulai dari yang simpel sampai kompleks. Tidak heran jika saat ini CSS hampir dipakai di berbagai website untuk dikombinasikan dengan HTML maupun PHP.

    BalasHapus