Senin, 03 Agustus 2020

Membandingkan Aplikasi Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams

Zoom dengan cepat menjadi pilihan utama bagi banyak pengguna yang mencari cara mudah untuk bertemu dengan kolega, teman, dan kerabat belakangan ini. Layanan ini menawarkan panggilan video dan audio HD bersama fungsionalitas obrolan, yang semuanya dapat diakses dari PC desktop, perangkat Android dan Apple. Zoom juga, terkenal, memiliki latar belakang virtual yang dapat disesuaikan, yang sama baiknya dalam menambahkan beberapa karakter ke panggilan Anda karena mereka menambahkan fitur privasi.
Tersedia dua rasa Zoom. Versi gratis dasar aplikasi ini dapat menampung hingga 100 peserta dan pertemuan satu-satu tanpa batas, dengan panggilan video dibatasi hingga 40 menit. Sementara itu, versi Pro menawarkan semua kemampuan aplikasi gratis, sementara juga termasuk kontrol admin ditingkatkan yang memungkinkan host untuk merekam dan mengenkripsi pertemuan (hingga 1GB), menyesuaikan ID Rapat dan menggunakan penjadwalan dan analisis alat. Versi Pro juga meningkatkan durasi rapat maksimum menjadi 24 jam.Microsoft Teams menawarkan fitur yang lebih kuat yang diatur ke Zoom

, yang terutama ditujukan untuk pelanggan bisnis dan bukan pengguna biasa. Kunci dari daya tarik tim adalah integrasinya dengan Office 365 dan menjepret alat produktivitas Microsoft seperti Word, Excel dan PowerPoint. Selain dapat melakukan obrolan dan panggilan video, pengguna dapat berbagi dan berkolaborasi pada dokumen Office secara real time, dengan file bersama disinkronkan dengan OneDrive dan SharePoint untuk menyimpan salinan dengan aman di cloud. Alat-alat ini dapat diakses di satu tempat bersama dengan video inti dan fungsi obrolan Tim, menjadikannya suite kolaborasi komprehensif yang lengkap untuk tim kantor.
    Sampai saat ini, Google Meet hanya tersedia untuk pengguna perusahaan dari platform Google Apps. Namun, mulai bulan ini, ketersediaan diperluas ke siapa pun dengan Akun Google, yang dapat masuk ke layanan dari browser web mereka menggunakan alamat Gmail mereka.
    Google Meet memungkinkan pengguna untuk mengadakan pertemuan video dengan hingga 100 peserta sekaligus, menawarkan kemampuan berbagi layar dan merekam, penjadwalan, dan penulisan teks waktu-nyata. Untuk pengguna gratis, rapat video dibatasi hingga 60 menit, namun pengguna dapat menikmati rapat tanpa batas hingga 30 September.
    Google telah menambahkan beberapa fitur baru untuk Bertemu dalam beberapa minggu terakhir karena tampaknya akan menantang pesaing Zoom dan Microsoft Tim. Ini termasuk tampilan tile yang diperluas Zoom-esque yang memungkinkan 16 orang ditampilkan di layar sekaligus, serta penyaringan kebisingan latar belakang "cerdas" yang bertujuan untuk menghilangkan hewan peliharaan yang mengganggu dan gangguan berisik lainnya dari panggilan.
    Selain dapat diakses melalui web, aplikasi juga tersedia untuk Google Meet di perangkat Android dan iOS. Meet terintegrasi dengan G Suite, memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan rapat langsung dari aplikasi Kalender Google atau melalui undangan email. Edisi Enterprise G Suite juga membuat nomor telepon masuk untuk setiap pertemuan. Pengguna dengan aplikasi G Suite dapat memanfaatkan integrasi dengan aplikasi Google seperti Documents, Drive, Spread, dan Notes.
    Di sisi keamanan, Google mempromosikan tawaran obrolan videonya sebagai aman secara default, dengan Meet menampilkan kontrol host yang memungkinkan pengguna untuk menolak dan membisukan peserta, rapat terenkripsi, dan ID rapat kompleks yang tahan terhadap upaya peretasan.
Jumlah Peserta Maksimal
    Bergantung pada apakah Anda perlu mengatur pertemuan video perusahaan online besar atau pertemuan yang lebih kecil saja, jumlah orang yang diizinkan dalam alat konferensi video Anda bisa menjadi titik buat-atau-istirahat bagi Anda.
    Google Meet: Anda dapat menggunakan Google Meet untuk berbicara dengan lebih dari satu orang secara bersamaan. Rapat dapat mencakup hingga 100 orang dengan G Suite Basic. Anda dapat mengundang 150 orang dengan G Suite Business dan hingga 250 orang dengan lisensi G Suite Enterprise. Hingga 30 September 2020, semua pelanggan G Suite dapat menggunakan batas 250 orang.
Zoom: ada maksimum 100 peserta (termasuk tuan rumah) per pertemuan. Jika Anda ingin mengundang lebih banyak orang, Anda harus mengubah paket dan membayar lebih. Anda kemudian dapat menampung hingga 500 peserta, saat Anda membeli add-on "rapat besar".
Microsoft Tim: Maksimum saat ini adalah 250 orang dalam satu rapat Tim. Ini terlepas dari aplikasi (web atau desktop) atau apakah peserta adalah tamu atau pengguna.
Batas waktu
Zoom: Zoom memiliki batas bagi mereka yang menggunakan paket Gratis-nya. Meskipun Anda dapat membuat jumlah panggilan yang tidak terbatas, setiap panggilan hanya dapat bertahan hingga 40 menit. Jadi, jika rapat Anda berlangsung kurang dari 40 menit dan Anda dengan kurang dari 100 orang, versi gratisnya sudah cukup. Jika Anda menggunakan akun pro atau sesuatu yang lebih mahal dari itu, batasnya naik ke durasi 24 jam.
Google Meet dan Microsoft Team memungkinkan Anda hang out selama yang Anda suka, tanpa batas waktu. "
Merekam video rapat
Merekam rapat atau konferensi video digital apa pun bisa sangat berguna. Rekaman yang Anda rekam dapat digunakan dalam berbagai cara: memasarkan video, presentasi internal, untuk tujuan pelatihan, dll. Mari kita lihat fitur ini dan bagaimana alat yang berbeda menanganinya di bawah ini:
Google Meet: Rekam rapat Anda dalam dua klik dengan Google Meet. Abadikan audio, video, obrolan, dan aktivitas berbagi layar. Setelah pertemuan video Anda berakhir, rekaman secara otomatis disimpan ke Google Drive Anda. Jika Anda membuat pertemuan video melalui Kalender Google, rekaman itu juga akan dapat diakses melalui entri Kalender. 
Zoom: Dengan Zoom Anda dapat merekam rapat Anda. Rekaman disimpan hanya untuk komputer lokal Anda.
Microsoft Tim: Dalam Tim, pengguna juga dapat merekam pertemuan Tim dan panggilan grup mereka. Rekaman terjadi di cloud dan disimpan ke Microsoft Stream. Setelah pertemuan, pengguna dapat membagikannya dengan misalnya kolega yang tidak dapat menghadiri pertemuan.
Berbagi layar
Berbagi layar Anda, sehingga orang lain dapat melihat apa yang Anda lihat dan lakukan di layar Anda, adalah fitur penting untuk pertemuan bisnis. Ini berguna ketika Anda harus menyajikan beberapa fakta & angka dari presentasi atau visual, misalnya. Anda juga dapat memberikan demonstrasi dan demo waktu nyata.
Google Meet: Hanya satu orang yang dapat membagikan layar mereka sekaligus selama konferensi video. Namun dengan G Suite, Anda dapat dengan mudah berbagi dokumen, gambar, dan file melalui fitur obrolan ruang rapat.
Zoom: host rapat dapat memungkinkan banyak orang untuk berbagi layar secara bersamaan.
Tim: Berbagi desktop dimungkinkan. Ini memungkinkan pengguna menampilkan layar selama rapat. Admin dapat mengonfigurasi berbagi layar di Tim Microsoft untuk memungkinkan pengguna berbagi seluruh layar, aplikasi, atau file.
Alat kolaborasi
Google Meet: Meet dapat beberapa poin karena integrasinya yang mulus dengan aplikasi Google lainnya, dan kenyataan bahwa ia dibundel dengan banyak layanan lain. Google Meet adalah produk Google sehingga juga berfungsi dengan baik dengan semua alat G Suite lainnya seperti Google Calendar - yang membuatnya lebih mudah untuk membuat rapat atau menambahkan informasi ke rapat - Google Drive, Gmail, Google Chat 
Zoom: Zoom adalah platform cloud untuk konferensi video dan audio, kolaborasi, obrolan, dan webinar. Anda harus membuat akun Zoom untuk memulai rapat atau bergabung dengannya.
Tim : Tim adalah perangkat lunak kolaborasi tim berbasis cloud yang terintegrasi penuh dengan Office 365. Kemampuan inti dalam Tim Microsoft mencakup perpesanan bisnis, panggilan, rapat video, dan berbagi file. Ini termasuk Word, Excel, PowerPoint, OneNote, SharePoint dan alat lainnya.
Dial-in
Google Meet: Dengan G Suite Basic, Business, dan Enterprise siapa pun dapat masuk ke video pertemuan Anda dari telepon (nomor nasional dan internasional). Meet tidak membutuhkan add-on tambahan. Google tidak memungut biaya tambahan bagi peserta untuk menelepon. Ini sangat mudah digunakan: cukup tekan nomor yang ditunjukkan dan masukkan kode pin kanan yang keduanya termasuk dalam undangan Meet.
Zoom: Memanggil Zoom melalui saluran telepon itu mudah tapi mahal. Anda hanya perlu nomor telepon Zoom lokal dan ID Rapat. Perhatikan bahwa angka-angka ini akan dikenakan tarif lokal ke negara asal mereka. Nomor-nomor dial-in ini tersedia berdasarkan apakah host telah berlangganan paket konferensi audio atau tidak. Jika tuan rumah ingin mengakses nomor tambahan, termasuk nomor bebas pulsa, ia harus membeli paket konferensi audio.
Tim: Tim memiliki fitur konferensi audio. Orang-orang dapat memanggil rapat Tim menggunakan telepon, alih-alih menggunakan aplikasi Tim di perangkat seluler atau PC. Anda harus menetapkan nomor telepon masuk untuk pengguna yang memimpin rapat.
Google Meet: dengan Meet Anda dapat melihat semua orang di layar dengan pembicara utama sedang disorot. Pembicara akan diperbesar di tengah layar Anda dalam tampilan grid, ketika dia mempresentasikan layar mereka bahkan hanya dengan ekstensi Chrome sederhana.
Tampilan konferensi video
Zoom: Dengan Zoom Anda dapat menampilkan peserta dalam tampilan galeri. Ini memungkinkan Anda melihat tampilan thumbnail peserta, dalam pola kisi, yang membentang dan berkontraksi saat peserta bergabung dan meninggalkan rapat. Anda dapat menampilkan hingga 49 peserta dalam satu layar dari tampilan galeri.
Tim: Tim mencoba mengantisipasi apa yang ingin Anda lihat dalam rapat tetapi Anda tidak dapat melihat semua orang di rapat dalam tampilan kotak seperti halnya dengan Google Meet and Zoom.
Google Meet: Google menggunakan teknologi speech-to-text yang memungkinkan untuk secara otomatis menampilkan teks tertulis secara langsung dalam rapat. Ini sangat ideal bagi siapa saja yang ingin mengikuti atau untuk orang tuli. Fitur ini tersedia sebagai layanan otomatis dalam sesi Google Meet apa pun. Pengguna dapat menyalakannya sendiri.
Zoom: Zoom juga memiliki fungsi teks tetapi berfungsi secara manual. Tuan rumah dapat mengetik saat berbicara atau menugaskan seseorang untuk mengetik dan menulis teks tertutup.
Tim: Di Tim Anda dapat mengaktifkan tayangan langsung, seperti di Google Meet. Ini mendeteksi apa yang dikatakan dalam rapat dan menyajikan teks waktu-nyata bagi siapa saja yang mengaktifkan fungsi selama rapat. Perhatikan bahwa tayangan langsung adalah fitur pratinjau dalam Tim Microsoft dan hanya tersedia dalam bahasa Inggris (AS) dan pada aplikasi desktop Tim untuk saat ini.
Fitur tambahan
Google Meet: Meet memiliki banyak fitur tambahan. Ini termasuk Pemutaran Cerdas dan integrasi langsung dengan aplikasi G Suite lainnya. Anda bahkan dapat mencari dan menggunakan berbagai emoji dan GIF, memasukkannya dalam fungsi obrolan dan membuat orang tertawa sedikit.
Zoom: Zoom menyediakan serangkaian fitur tambahan. Mereka termasuk alat penjelasan dan fitur latar belakang. Zoom tidak memungkinkan Anda menggunakan emoji, tetapi memungkinkan Anda menggunakan GIF. Admin dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kemampuan ini. Anda juga dapat melakukan polling.
Tim: Tim terus menambahkan fitur baru. Berikut adalah beberapa fitur tambahan yang mereka tawarkan: saluran pribadi, email saluran Tim dari Outlook, perintah slash, jajak pendapat, tambahkan pencarian SharePoint enterprise sebagai tab di Tim, ...
Integrasi
Integrasi dengan cepat menjadi perhatian penting untuk semua alat konferensi video online dan platform kolaborasi. Berita baiknya adalah bahwa Google Meet, Zoom dan Microsoft Teams memiliki banyak integrasi. Mari kita menggali berbagai integrasi yang mereka tawarkan:

Google Meet: Meet memungkinkan orang untuk mengintegrasikan pertemuan video dengan tim lain menggunakan Skype for Business, dan sistem pertemuan video lainnya berdasarkan standar SIP dan H.323.
Zoom: Zoom juga menawarkan beberapa integrasi, termasuk beberapa aplikasi dan layanan G Suite. Zoom juga terintegrasi dengan Facebook Workplace, Skype for Business, Salesforce, Microsoft Outlook, Google Drive, Google Calendar, dan banyak lagi.
Tim: dengan Tim Anda dapat mengunduh berbagai aplikasi yang tersebar di banyak kategori termasuk manajemen proyek, berbagi file, intelijen bisnis, dan banyak lagi. Anda akan menemukan banyak add-on yang tersedia melalui toko aplikasi Microsoft untuk Tim.
Fitur-fitur pada Zoom memang sangat menarik dan menyenangkan, namun ia memiliki tampilan yang lebih rumit. Di sisi lain, Google Meet memberikan fitur yang lebih sedergana namun dengan tampilan yang lebih ramah bagi pengguna video conference baru.


Tidak semua fitur pada Zoom juga diperlukan pada setiap rapat dan tim kerja. Artinya, pemilihan antara Zoom dan Google Meet atau Microsoft Teams bergantung pula pada kepeluan kamu dan tim kerja  

Sumber : berbagai artikel di internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar