Selasa, 28 Juli 2020

Matematika dan Ilmu Komputer

Ilmu Komputer tentu saja cukup menarik. Banyak orang mempelajarinya dengan harapan menjadi ahli pemrograman komputer besar berikutnya, menjadi seorang peretas, administrator sistem di antara karier yang menguntungkan lainnya. Di balik anggapan kursus yang menarik, ada satu hal yang kebanyakan orang tidak menyukainya: Hubungan dekat antara ilmu komputer dan matematika.
Selama bertahun-tahun, pentingnya matematika dalam ilmu komputer telah menjadi topik yang cukup kontroversial. Beberapa orang percaya bahwa matematika itu penting untuk pelajar ilmu komputer. Yang lain melihatnya sebagai subjek yang hanya menambah sedikit nilai dalam ilmu komputer.
Jadi, pihak mana yang mengatakan yang sebenarnya? kali ini MajidWeb akan menyoroti pentingnya matematika dalam ilmu komputer.
Hubungan Antara Matematika Dan Ilmu Komputer
1. Matematika bersifat abstrak
Sebagian besar konsep matematika diajarkan melalui bahasa abstrak. Di sisi lain, salah satu hal yang tercakup dalam ilmu komputer adalah studi tentang bahasa pemrograman. Sebagian besar dari bahasa-bahasa ini juga abstrak di alam. Mereka dicirikan oleh sintaks, proses yang didefinisikan dengan baik, simbol, kata-kata tunggal, dan bahkan visual.
Mengingat sifat abstrak matematika, Anda akan memiliki kelancaran berlayar ketika belajar bahasa pemrograman. Matematika akan memberi siswa seni membaca, memahami dan menganalisis masalah sebelum memberikan solusi. Semua keterampilan ini sangat penting dalam hal pemrograman dan ilmu komputer secara umum.
2. Matematika mengajarkan tentang bagaimana memanfaatkan algoritma
Algoritma adalah istilah yang umum digunakan di bidang ilmu dan teknologi komputer secara umum. Ini memberikan dasar di mana setiap program atau aplikasi harus dibuat dan diimplementasikan.
Meskipun kebanyakan orang menemukan istilah ini untuk pertama kalinya di kelas ilmu komputer, kebenarannya adalah mereka diperkenalkan ke kelas matematika. Apakah Anda tahu bahwa persamaan sederhana seperti 7 + 3 = 10 adalah sebuah algoritma? Dari persamaan sederhana seperti itu, siswa kemudian diperkenalkan dengan algoritma yang kompleks dalam ilmu komputer.
3. Matematika memberikan keterampilan analisis siswa
Pengkodean bukan proses satu arah. Anda harus terus datang kembali untuk memeriksa apa yang telah Anda tulis dan memverifikasi apakah itu benar. Ini karena Anda terikat untuk membuat satu atau beberapa kesalahan saat pengkodean.
Di bidang matematika, siswa biasanya dipaksa untuk menganalisis pekerjaan mereka. Jawaban yang mungkin Anda berikan tidak selalu akurat. Anda harus kembali dan memeriksa formula dan angka-angka yang telah Anda gunakan. Anda akan memperbaiki kesalahan atau kesalahan sebelum mencapai jawaban akhir Anda.
Dengan kata lain, matematika mempersiapkan siswa untuk tugas mengidentifikasi dan memperbaiki bug. Bahkan jika ada alat yang dapat melakukan pekerjaan ini secara otomatis, siswa akan tetap memiliki semangat melakukan pekerjaan ini dengan mudah.
4. Ilmu komputer memiliki banyak matematika
Terlepas dari keterampilan di atas, Anda juga akan menemukan banyak matematika dalam ilmu komputer. Di sini Anda akan diminta untuk menggunakan pengetahuan matematika untuk menyelesaikan masalah kehidupan nyata melalui komputer. Salah, jika anda tidak pernah mengambil kelas matematika dengan serius.
Misalnya, ada banyak persamaan dan rumus matematika yang digunakan untuk merancang program untuk mengendalikan mobil yang dikendarai sendiri. Akan sangat sulit jika bukan tidak mungkin untuk menulis program seperti itu jika Anda benar-benar tahu di bidang matematika.
5. Matematika diskrit adalah latar belakang ilmu komputer
Bukan rahasia bahwa matematika diskrit membentuk fondasi yang kuat untuk studi pemrograman dan ilmu komputer. Ini akan membekali Anda dengan pengetahuan mendalam tentang algoritma, komputabilitas, dan kompleksitas yang akan Anda gunakan dalam pemrograman. Aljabar Boolean - subjek dalam matematika diskrit diterapkan dalam menciptakan fungsi kontrol saat pemrograman. Setelah Anda menguasai teori-teori matematika ini, Anda akan mudah mempraktikkannya dalam ilmu komputer.
Kesimpulan
Seringkali, sebagian besar sekolah dan perguruan tinggi menanamkan matematika ke dalam ilmu komputer. Namun, mereka jarang memberi tahu siswa mengapa mereka melakukannya. Mereka hanya melakukan ini sebagai rutinitas dasar. Jadi jelas bahwa teori matematika praktis. Mereka dapat diterapkan untuk menerapkan berbagai aspek inti dari ilmu komputer. Jika Anda berencana untuk belajar pemrograman komputer dalam ilmu komputer, mungkin sudah saatnya Anda membangun gairah untuk matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar