Rabu, 29 Juli 2020

Belajar Pemrograman Komputer



Mau belajar pemrograman komputer? kenapa kita harus belajar pemrograman komputer? 
Belajar pemrograman komputer banyak manfaatnya, diantarnya : 
(1) Pemrograman melatih kita mencari masalah dan menemukan solusi atas masalah tersebut. Jika teman-teman ingin mengasah skill problem solving yang sangat dibutuhkan di dunia wirausaha atau entrepreneurship, maka belajar pemrograman merupakan langkah yang tepat. Karena pemrograman esensinya adalah proses menemukan solusi atas masalah yang ditemukan. yups. belajar pemrograman komputer melatih kita untuk dapat menemukan masalah dan kita bisa menemukan solusi dari masalah tersebut. 
(2)Belajar Pemrograman juga melatih kita Berpikir Dengan Sistematis, Selain dapat mempertimbangkan dengan tepat bagaimana kita akan menyelesaikan sebuah permasalahan, manfaat belajar bahasa pemrograman yang lainnya adalah dapat mengembangkan cara berfikir sistematis.
    Dalam membuat sebuah program, seseorang akan dihadapkan pada baris-baris kode yang harus disusun secara sistematis. Baris-baris kode ini tidak boleh terbolak-balik baik penyusunannya maupun penulisannya, agar program yang dibangun dapat berjalan tanpa permasalahan. Sistematika ini berlaku untuk berbagai macam jenis bahasa pemrograman yang ada sejak dulu sampai sekarang.
    Hal ini menyebabkan seorang calon pembuat program harus mempelajari bagaimana menuliskan kode dengan aturan dan sistematika yang sebenarnya. Belajar membuat kode yang sistematis menjadi salah satu bagian yang harus dipelajari saat belajar bahasa pemrograman.
    Sebagai dampak positifnya, kita tentu akan semakin terbiasa dengan cara berpikir sistematis. Cara berpikir ini akan terbawa ke kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang sedang menghimpit.
    Menurut Bill Gates, pendiri Microsoft, "Belajar menulis program itu memperluas daya pikir, membantu kita berpikir lebih baik, menciptakan cara pikir yang bermanfaat di semua bidang"
(3) Mudah mendapat pekerjaan 
keuntungan lainnya ialah kita mudah mendapat pekerjaan di bidang IT khususny pembuat progam komputer (programmer). sebagai contoh ada sebuah komentar dari seorang pengusaha yang mengatakan : 
"Keterampilan terbesar yang saya ambil untuk kehidupan profesional saya adalah mempelajari cara membuat kode. Seandainya saya tidak belajar kode, saya akan kehilangan pekerjaan bertahun-tahun yang lalu. Itu sangat membebaskan dan sangat menguntungkan." kata Daniel Davidson, Pemilik Perusahaan Dan Design Co.,

1 komentar: