Senin, 07 Oktober 2013

CARA MEMBERSIHKAN VIRUS .bat

Kali ini GuruTIK akan memberikan tutorial cara menghilangkan virus .bat,  Pernah melihat gambar file/folder seperti ini? mungkin file/folder sudah terinfeksi virus .bat


Virus Windows Batch File atau yang lebih dikenal dengan virus .bat/batch file adalah jenis virus yang menduplikat dirinya pada semua folder yang ada dalam satu partisi. Virus ini akan tercopy otomatis ke tiap folder jika sudah dieksekusi. Pencegahan awal yang perlu dilakukan jika laptop/kompi tidak ingin terserang virus ini adalah jangan dieksekusi (klik 2x atau  open). Virus Windows Batch File terbilang tidak membahayakan karena tidak menyerang system windows. Namun, virus ini sangat meresahkan jika komputer kita terserang.

Tanda komputer terserang virus ini adalah tiap folder ada file dengan extensi MS-DOS Batch File. Virus ini dirancang khusus untuk menyalin file .bat (batch file) ke semua folder yang nama filenya sama dengan nama folder yang ditempatinya. Jika kita orang awam, maka kita tidak berpikir panjang lagi untuk menghapus file .bat ini di semua folder pada tiap partisi. Bahkan kita tidak berpikir bahwa ini adalah ulah virus dan yang lebih parahnya lagi kita langsung instal ulang atau format partisi. jika kita menghapusnya satu persatu maka akan membutuhkan banyak waktu. Bayangkan jika komputer kita ada 2 partisi dan tiap pertisi terisi 150 folder maka dalam komputer kita ada 300 folder. berarti kita akan buka tutup hapus sebanyak 300 kali. kapan selesainya???
Solusinya ? gampang, Tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu anda untuk mengapusnya di setiap folder.

Perlu anda ketahui, script virus ini dirancang untuk mencopy otomatis .bat file ke setiap folder jika telah dieksekusi. maka dari itu, kita hanya perlu membuat script berlawan dengan tujuan virus yaitu script untuk menghapus otomatis .bat file di semua folder.
Berikut adalah script virus batch file :

set h=For
%h% /R “D:\” /D %%a in (*) do copy %0 “%%~fa\%%~nxa.bat”

Yang perlu kita lakukan untuk menghapus .bat file adalah dengan membuat lawan dari script di atas sehingga sriptnya akan berubah seperti ini :

set h=For
%h% /R “D:\” /D %%a in (*) do del %0 “%%~fa\%%~nxa.bat”

Untuk lebih mudahnya, cari salah satu .bat file dalam folder kemudian klik kanan pilih edit sehingga akan muncul notepad yang berisi kode/script virus. Edit script tersebut. kemudian tekan Control + S untuk menyimpan script di lanjutkan dengan membuka file .bat tadi yang telah disimpan. setelah terbuka, perlu menunggu proses penghapusan beberapa saat dan lihat hasilnya, virus .bat file tidak ada lagi di komputer kita. Demikian yang dapat GuruTIK share buat pembaca sekalian. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar