Selasa, 21 Mei 2024

Proposal Usaha Yang Baik


Dalam menjalankan Usaha kita harus membuat perencanaan atau Proposal. Proposal usaha yang baik mengusung konsep SMART, coba jelaskan kepanjangan dari SMART?


3 komentar:

  1. Nama : Putri Intan Maulidya
    Nim : 2121126
    Kelas : AEDP - A

    Dalam konteks proposal usaha, kepanjangan dari SMART adalah sebagai berikut:

    1. Spesifik (Specific): Tujuan dalam proposal usaha haruslah jelas dan terperinci. Hal ini membantu dalam menghindari keambiguan dan memastikan bahwa tujuan yang ingin dicapai telah ditetapkan dengan jelas.

    2. Terukur (Measurable): Tujuan yang tercantum dalam proposal usaha harus dapat diukur dengan parameter yang jelas. Dengan memiliki ukuran yang terukur, kita dapat mengevaluasi kemajuan dan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

    3. Dapat Dicapai (Achievable): Tujuan yang ditetapkan dalam proposal usaha haruslah realistis dan dapat dicapai dengan sumber daya yang tersedia. Hal ini membantu dalam memastikan bahwa tujuan yang telah ditetapkan dapat diwujudkan.

    4. Relevan (Relevant): Tujuan dalam proposal usaha haruslah relevan dengan visi, misi, dan tujuan jangka panjang perusahaan atau usaha tersebut. Tujuan yang relevan akan memberikan arah yang tepat dalam mencapai kesuksesan usaha.

    5. Terikat Waktu (Time-bound): Setiap tujuan dalam proposal usaha harus memiliki batasan waktu yang jelas. Dengan menetapkan batasan waktu, kita dapat mengatur jadwal dan mengukur kemajuan dalam mencapai tujuan tersebut.

    Dengan menggunakan konsep SMART ini, sebuah proposal usaha dapat dirumuskan dengan lebih baik, fokus, dan efektif. Selain itu, metode SMART juga membantu dalam mengukur kemajuan dan pencapaian tujuan secara objektif.

    BalasHapus
  2. Nama : M. Arif Faturochim
    Nim : 2121089
    Kelas : A
    Matakuliah : Aplikasi Edupreneurship

    Tentu, SMART merupakan singkatan dari:

    Specific (Spesifik): Tujuan harus jelas dan spesifik, tidak ambigu.
    Measurable (Mengukur): Tujuan harus dapat diukur agar dapat menentukan kemajuan dan pencapaian.
    Achievable (Dapat Dicapai): Tujuan harus realistis dan dapat dicapai dengan sumber daya yang tersedia.
    Relevant (Relevan): Tujuan harus relevan dengan visi, misi, dan tujuan jangka panjang perusahaan.
    Time-bound (Terikat Waktu): Tujuan harus memiliki batas waktu yang jelas untuk pencapaian dan evaluasi.

    BalasHapus
  3. Nama : Muhamad fahri
    Nim : 2120184
    Kelas : A


    Dalam menjalankan Usaha kita harus membuat perencanaan atau Proposal. Proposal usaha yang baik mengusung konsep SMART, coba jelaskan kepanjangan dari SMART?


    SMART adalah akronim yang digunakan untuk menentukan tujuan yang efektif dalam perencanaan usaha. Kepanjangan dari SMART adalah:

    Specific (Spesifik): Tujuan harus jelas dan terperinci, tidak ambigu, dan menjawab pertanyaan siapa, apa, di mana, kapan, dan mengapa.

    Measurable (Terukur): Tujuan harus dapat diukur dengan indikator tertentu agar kita bisa mengetahui sejauh mana pencapaian tujuan tersebut. Misalnya, menggunakan angka atau kriteria yang konkret.

    Achievable (Dapat Dicapai): Tujuan harus realistis dan dapat dicapai, bukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan mengingat sumber daya dan kemampuan yang ada.

    Relevant (Relevan): Tujuan harus relevan dengan visi, misi, dan strategi keseluruhan dari usaha. Artinya, tujuan tersebut harus penting dan memiliki dampak yang signifikan terhadap bisnis.

    Time-bound (Berbatas Waktu): Tujuan harus memiliki batasan waktu yang jelas untuk kapan harus dicapai, sehingga ada tenggat waktu yang mendorong untuk bertindak dan menyelesaikan tujuan tersebut.

    BalasHapus